FPar Unud Kunjungan Balasan ke UPN “Veteran” Jatim, Diskusikan 3 Topik Utama ini

FPar Unud Kunjungan Balasan ke UPN “Veteran” Jatim, Diskusikan 3 Topik Utama ini

Studi banding FPar Udayana ke UPN “Veteran” Jatim. (foto: ist.)

Surabaya (Penabali.com) – Fakultas Pariwisata (FPAR) Universitas Udayana melakukan studi banding ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur di Surabaya, Jumat (10/62022).

Rombongan diterima di Gedung Giri Adhi Krita dengan menerapkan protokol kesehatan. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dimana sebelumnya UPN “Veteran” Jawa Timur telah melakukan tiga kali kunjungan ke Fakultas Pariwisata Universitas Udayana.

Studi banding ini digelar dalam rangka meningkatkan kualitas akademik di Fakultas Pariwisata Unud dengan mendiskusikan 3 topik utama yaitu Program MBKM, Akreditasi Internasional FIBAA, serta penyetaraan fungsionaris dalam kepegawaian di lingkungan FPAR Unud.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Dekan, Wakil Dekan dan Koprodi dari 5 prodi yang ada di FISP UPN “Veteran” Jawa Timur.

Pada sesi diskusi, kedua pihak saling berbagi pengalaman dan ide mengenai program MBKM, serta upaya mendorong mahasiswa agar berinisiatif mengikuti kegiatan MBKM tanpa adanya paksaan. Sedangkan terkait Akreditasi Internasional FIBAA, disampaikan bahwa yang paling penting dari proses FIBAA adalah berupa pembuatan kurikulum, proses pembelajaran, dan proses akhir yakni apakah lulusan dapat diterima oleh industri atau tidak. Bagian terpenting dari proses itu adalah pemberian capaian pembelajaran yang jelas dan sesuai dengan program studi masing-masing.

Adapun hal penyetaraan jabatan fungsionaris kepegawaian juga turut dibahas dalam sesi tersendiri yang dilakukan di Ruang Forum Kajian Administrasi Publik dengan topik utama tentang posisi jabatan kepegawaian yang ada dan kendala yang dihadapi.

Selain itu, dilakukan juga sesi berbagi pengalaman mengenai produksi podcast yang dikelola oleh salah satu laboratorium Ilmu Komunikasi yang telah dipublikasikan di platform Spotify dan Youtube. Kegiatan ini ditangani mahasiswa. Dijelaskan bahwa pihak dosen dan mahasiswa berkolaborasi untuk memproduksi podcast dengan profesional dan seringkali mendatangkan SDM terpilih untuk melakukan pelatihan.

Dekan FISIP UPN “Veteran” Jawa Timur, Dr. Drs. Ec. Gendut Sukarno, M.S., CHRA., menyebutkan dalam wawancara bersama tim redaksi, bahwa studi banding tersebut diharapkan dapat membina hubungan kerja sama yang lebih erat dengan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana kedepannya. (rls)

Sumber: http://www.unud.ac.id

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published.