Golkar Bali Dirikan Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya Bali, Bantu Pembiayaan Naker ke Luar Negeri

Denpasar (Penabali.com) – Doktrin karya kekaryaan diimplementasikan betul oleh jajaran DPD Partai Golkar Provinsi Bali. Yang teranyar, Golkar Bali memprakarsai terbentuknya sebuah koperasi yang diberi nama Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya Bali.

“Setelah rapat pembentukan koperasi yang diprakarsai Golkar Bali bersama warga masyarakat tanggal 7 April 2023, akhirnya disepakati membentuk koperasi jasa dengan nama Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya Bali, dengan keanggotaan tahap awal 115 orang yang telah melunasi simpanan pokok masing-masing sebesar 2 juta rupiah,” ungkap Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali, Nyoman Sugawa Korry di Kantor Golkar Bali di Denpasar, Rabu (24/5/2023).

Sugara Korry menambahkan, legalitas koperasi ini sudah selesai. Ia menyebut proses badan hukum telah berjalan dengan Akta No.69, Notaris Linda Hermayanti, dan pengesahan Menkumham No: AHU 001763AHO129 Tahun 2023. Susunan Pengurus Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya Bali yaitu sebagai Ketua, Dr. Nyoman Diana, Sekretaris Drs. Made Togog, M.Si., dan Bendahara Ida Ayu Maryani. Pengawas IGN Anom Masta, dan Dewan Penasehat Nyoman Sugawa Korry.

Pada tahap awal, usaha koperasi diprioritaskan bergerak dalam jasa keuangan/simpan pinjam, khususnya membantu pembiayaan keberangkatan calon pekerja migran kapal pesiar maupun darat dan luar negeri.

“Karena saat ini masalah kesempatan kerja masih dirasakan sebagai salah satu masalah di daerah Bali pasca Covid-19,” ujar Sugawa Korry.

Agar pengurus koperasi ini punya kecakapan pengelolaan, mereka telah mengikuti diklat dan lulus kompetensi/bersertifikat yang diberikan Badan Litbang Koperasi Provinsi Bali. Sugawa Korry mengungkapkan respon masyarakat yang ingin ikut bergabung sebagai anggota koperasi terus bertambah dan calon pekerja juga sudah banyak yang menghubungi pengurus untuk difasilitasi.

Sementara itu, Ketua Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya Bali, Nyoman Diana, menyampaikan kesempatan tenaga kerja ke luar negeri baik di kapal pesiar maupun di darat, sangat terbuka lebar.

“Masyarakat semakin antusias, dan tanggal 26 Mei juga akan diadakan final intervew yang diikuti sekitar 1.000 CPMI (Calon Pekerja Migran Indonesia),” kata Diana yang juga pemilik perusahaan terbesar penyalur naker kapal pesiar di Bali.

Koperasi Swadarma Guna Karya Bali siap memfasilitasi biaya pemberangkatan yang diprioritaskan bgai para CPMI yang kemampuan ekonominya terbatas. Koperasi ini beralamat di Jl. Gatot Subroto Timur 10 D Denpasar.

“Saat ini koperasi telah siap dana sebesar 500 juta dari simpanan pokok dan penyertaan dari anggota, dan tahap awal diberangkatkan dulu 30 CPMI,” jelas Diana.

Sugawa Korry meyakini Koperasi Swadarma Guna Karya Bali akan memberi mamfaat yang besar dalam rangka membantu masyarakat memperoleh kesempatan kerja yang baik, dan pada saatnya menjadi koperasi yang besar di Bali karena didukung komitmen dan profesionalisme para pengelolanya. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *