Gus Adhi Undang Ratusan Anak Yatim Buka Puasa Bersama di Jero Kawan, Wujud Keharmonisan dalam Perbedaan

Badung (Penabali.com) – Ratusan anak yatim piatu dari berbagai pantai asuhan, warga kurang mampu, dan kaum duafa, berkumpul di Jero Kawan, Kerobokan, Badung, untuk melaksanakan buka puasa bersama yang diprakarsai Anggota DPR RI Komisi XI dari Dapil Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra, Minggu (16/4/2023).

Acara buka puasa bersama ini bukan kali pertama digelar Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra beserta keluarga besarnya. Ini merupakan kegiatan kali kelima yang dilakukan. Bahkan, saat pandemi Covid-19 melanda, acara buka puasa bersama tetap dilakukan namun dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Menurut Anggota Fraksi Partai Golkar yang populer dipanggil Gus Adhi, buka puasa bersama yang Ia inisiasi ini merupakan upaya menjaga plurarisme dan keharmonisan dalam perbedaan. Karena menurut Gus Adhi, dengan keharmonisan mulai dari hal yang terkecil seperti ini guna menyongsong tujuan yang lebih besar yakni persatuan dan kesatuan.

Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra memberikan santunan kepada anak yatim disela acara Buka Puasa Bersama di Jero Kawan. (foto: ist.)

Perbedaan keyakinan jelas Gus Adhi, bukanlah hal yang mendasar. Namun kebersamaan dalam perbedaan itulah suatu keharmonisan dan kekuatan hakiki sebagai umat manusia.

“Inilah yang tetap rutin kita laksanakan hingga hari ini sebagai umat beragama,” kata Gus Adhi didampingi keluarga besar Jero Kawan salah satunya Anak Agung Bagus Tri Candra Arka selaku Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Provinsi Bali.

Gus Adhi mengungkapkan, hubungan kekerabatan dan persaudaraan antara umat muslim dengan keluarga besar Jero Kawan telah terjalin sejak lama. Apalagi Jero Kawan yang merupakan pecahan dari Puri Pemecutan, bagi umat muslim bukanlah sesuatu yang asing. Karena dalam beberapa kegiatan di Puri Pemecutan, umat muslim selalu terlibat.

“Mudah-mudahan di hari Idul Fitri tahun ini kekuatan keharmonisan ini tetap terjaga sebagaimana kita menjaga keutuhan NKRI dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika sebagai amanah dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara, satu kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelas Gus Adhi.

Anak Agung Bagus Tri Candra Arka memberikan sedekah disela acara Buka Puasa Bersama di Jero Kawan. (foto: ist.)

Kepada anak-anak yatim yang hadir saat ini, Gus Adhi mendoakan agar tetap tabah, kuat lahir batin, rajin berdoa, rajin belajar, dan niscaya anak-anak ini akan menjadi pribadi yang sukses. Kondisi yang mereka alami saat ini, kata Gus Adhi, bukanlah sebuah hambatan. Karena Ia yakin dan percaya, cobaan yang diberikan Tuhan tidak akan melebihi kemampuan umatnya dan cobaan itu adalah cambuk agar sebagai umat manusia menjadi insan yang kuat di dalam meniti kehidupan ini.

“Harapan saya kepada anak-anak yatim piatu ini jangan berkecil hati, apa yang kalian alami saat ini bukanlah hambatan karena tak sedikit anak-anak dengan kondisi seperti ini kehidupannya lebih sukses ketimbang anak-anak yang berasal dari keluarga yang lengkap,” tuturnya.

“Akhir kata, saya atas nama pribadi dan keluarga besar Jero Kawan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Gus Adhi. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *