Indonesia di Tangan Jokowi Ingin Berperan Besar di Negara-Negara Pasifik

Indonesia di Tangan Jokowi Ingin Berperan Besar di Negara-Negara Pasifik

Presiden RI, Joko Widodo. (foto: ist.)

(Penabali.com) – Mantan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, mengungkapkan keinginan besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk negara-negara di Pasifik. Tantowi menyebut, Jokowi ingin Indonesia lebih kuat menancapkan peran di kawasan tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Jokowi pada rapat terbatas yang dilaksanakan pada tahun 2018 silam. Tantowi menyebut Jokowi ingin Indonesia bekerja sama yang lebih aktif.

“Passion dari Presiden Jokowi itu adalah Pasifik. Presiden itu memberikan instruksi agar Indonesia lebih tampil dan lebih terasa keberadaannya di Pasifik dengan tangan di atas, artinya kita jangan minta-minta lah di situ, tapi kita harus memberi,” kata Tantowi di akun YouTube Helmy Yahya Bicara dilihat Sabtu (25/6/2022).

Tantowi menjabarkan keinginan Jokowi dalam memberi itu bukan hanya dalam bentuk uang kepada negara Pasifik. Jauh dari itu yakni juga berbagi dan memberi ilmu pengetahuan yang relevan untuk kemajuan negara-negara Pasifik.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya. (foto: ist.)

“Memberi itu konotasinya tidak selalu duit, tapi memberi itu memberi ilmu pengetahuan, memberi pengalaman untuk perbaikan dan kemajuan negara-negara di Pasifik,” jelas Tantowi.

Lebih lanjut, untuk mengimplementasikan keinginan Jokowi tersebut, Tantowi menuturkan Kementerian Luar Negeri sudah membentuk badan khusus untuk peningkatan peran Indonesia di negara-negara Pasifik. Badan khusus tersebut diberi nama Pasific Elevation.

“Kemudian ibu Retno Marsudi menerjemahkan harapan Presiden ini menjadi suatu policy baru yang namanya Pacific Elevation, sebelum itu Pasific Engagement, dan semacam itu lah. Di bawah Presiden Jokowi dan ibu Retno Marsudi keluarlah Pasific Elevation,” jelas Tantowi.

“Jadi ini komitmen kita lebih dekat dengan Pasifik,” tutupnya. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published.