Jelang Kunjungan Kerja RI 1 ke Bali, TNI-Polri Matangkan Kesiapan Pasukan Satgas Pam VVIP

Jelang Kunjungan Kerja RI 1 ke Bali, TNI-Polri Matangkan Kesiapan Pasukan Satgas Pam VVIP

Apel Gelar Kesiapan Pasukan Pengamanan VVIP di Lapangan Makorem 163/Wira Satya jelang kedatangan Presiden Jokowi ke Bali. (foto: ist.)

Denpasar (Penabali.com) – Dalam rangka kunjungan Presiden Joko Widodo ke Bali, Senin, 27 Desember 2021, diadakan Apel Gelar Kesiapan Pasukan Pengamanan VVIP, bertempat di Lapangan Makorem 163/Wira Satya, Jumat (24/12/2021).

Apel dipimpin Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf, dan selaku Komandan Apel, Danyonif Mekanis 741/GN, Letkol Inf. Riza Taufiq Hasan.

Pengamanan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya menjadi tugas TNI dalam operasi militer selain perang. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Dihadapan para peserta Apel, Danrem 163/Wira Satya dalam amanatnya menyampaikan bahwa kunjungan kerja Presiden RI merupakan bentuk kebanggaan dan kehormatan sekaligus kepercayaan yang diberikan negara.

“Untuk itu harus dijunjung tinggi dan dijaga sehingga seluruh rangkaian berjalan tertib, lancar, aman serta kondusif,” ujar Danrem.

Danrem juga mengatakan, pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Pengamanan (PAM) VVIP pada hakekatnya adalah untuk melihat secara langsung kesiapan pasukan TNI dan Polri beserta unsur terkait lainnya yang akan bertugas di lapangan dalam rangka kunjungan kerja RI. Harapannya, agar seluruh agenda kegiatan selama kunjungan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Apel gelar pasukan yang kita laksanakan ini untuk mengecek kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap (Protap) VVIP serta melaksanakan koordinasi antar unsur sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun,” ungkapnya.

Selain itu, ditekankan juga kepada seluruh prajurit TNI-Polri yang terlibat dalam Pam VVIP untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan bekerja dengan serius serta memahami tugas pokok masing-masing.

“Saya perintahkan kepada seluruh personel Satgas Pam VVIP untuk memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP, pegang teguh disiplin, laksanakan rantai komando yang efektif dan efisien, peka terhadap perkembangan situasi dan laksanakan koordinasi secara optimal. Utamakan faktor keamanan personel dan materiil serta selalu melaksanakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dan terapkan 3M,” tegas Danrem.

“Kemudian, dalam pelaksanaan kegiatan Pam VVIP kita akan selalu berhubungan dengan masyarakat, untuk itu jaga komunikasi yang baik dengan masyarakat karena kita kuat bersama rakyat,” tutup Danrem dalam amanatnya.

Turut hadir dalam Apel itu, Kasrem 163/Wira Satya, para pejabat jajaran Kodam IX/Udayana, Karo Ops Polda Bali, Dirlantas Polda Bali diwakili Wadir, Dansat Brimob Polda Bali diwakili Danyon Batalyon B Plopor. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published.