Karya Mupuk Pedagingan dan Melaspas di Pura Agung Jagatnatha Buleleng

Buleleng, Upakara242 Views

Buleleng (Penabali.com) – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, menghadiri persembahyangan bersama pada Upacara Mupuk Pedagingan lan Melaspas serangkaian Piodalan di Pura Agung Jagatnatha, Minggu (25/6/2023).

Adapun rangkaian kegiatan piodalan ageng dimulai dari tanggal 18 Juni yaitu upacara negem dewasa, tanggal 24 Juni upacara mepepada nganggen caru manca kelud, dan pada hari Senin (26/6/2023), diselenggarakan upacara mecaru balik sumpah yang dipuput Tri Sadhaka.

Ditemui usai kegiatan, I Nengah Dwi Endra Suantara selaku Wakil Kelian 1 Pura Jagatnatha menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya rangkaian kegiatan piodalan agung yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan tepat pada tahun ini sudah mencapai 30 tahun, yang mana piodalan pertama dilaksanakan pada tahun 2003.

Ditambahkannya, puncak acara piodalan tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 3 Juli dan dilanjutkan dengan bakti penganyar dari tanggal 4 Juli hingga 12 Juli dari 9 kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Pj. Lihadnyana didampingi Sekda Suyasa beserta jajaran OPD Pemkab Buleleng ngaturang bakti serangkaian piodalan di Pura Agung Jagatnatha. (foto: ist.)

Pihaknya mengajak seluruh elemen yang ada di Kabupaten Buleleng untuk bersedia ngaturang ayahan seperti tempekan yang terdiri dari elemen TNI, Polri, ASN lingkup Pemkab Buleleng, serta perwakilan kecamatan dan desa adat pada tahapan bakti penganyar.

“Semoga piodalan kali ini berjalan lancar sesuai yang kita harapkan,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Plt. Asisten 1 Setda Buleleng, Gede Sugiartha Widiada, perwakilan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Pimpinan SKPD terkait lingkup Pemkab Buleleng, Pimpinan Perumda lingkup Pemkab Buleleng, dan Ketua FKUB Buleleng. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *