Kunjungan Jokowi ke Tiga Negara Asia Timur Representasikan Sosok Pemimpin Besar

Kunjungan Jokowi ke Tiga Negara Asia Timur Representasikan Sosok Pemimpin Besar

Kunjungan Presiden Jokowi ke tiga negara kawasan Asia Timur. (foto: ist.)

(Penabali.com) – Rangkaian kunjungan luar negeri Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tiga negara di kawasan Asia Timur dinilai mencerminkan sosok pemimpin negara besar. Imbas daripada itu mampu mempererat hubungan Indonesia dengan negara sahabat.

Pengamat Politik President University, Muhammad AS Hikam, menyampaikan langkah Jokowi melakukan lawatan ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang dan Korea Selatan (Korsel) merupakan sebuah langkah yang tepat. Melalui kunjungan tersebut, menurut dia, Jokowi berhasil menunjukkan peran penting Indonesia terhadap dunia Internasional. Membuat Indonesia semakin disegani oleh negara-negara tetangga.

“Kunjungan Presiden Jokowi ke negara sahabat merepresentasikan sosok pemimpin negara besar yang memiliki pengaruh signifikan didalam hubungan internasional,” kata AS Hikam saat dihubungi di Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Dia menilai, sebagai salah satu negara penganut sistem demokrasi terbesar, Indonesia mesti aktif mengambil peranan menjalin hubungan internasional dengan negara-negara di dunia. Dengan begitu posisi Indonesia semakin diperhitungkan setidaknya dalam kawasan ASEAN.

“RI bukan saja menjadi salah satu negara demokrasi terbesar, namun juga pemimpin ASEAN, dan negara terkemuka di dunia Islam,” terang AS Hikam.

Terlebih lagi, dia menambahkan, Indonesia merupakan negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Sehingga mampu menjadi magnet bagi negara lainnya untuk dapat menanamkan investasi ekonomi.

“RI juga menjadi salah satu negara yang memiliki potensi ekonomi terkemuka di dunia,” tandas AS Hikam. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published.