Mixochef Mixologist Captain Competition, Turut Kampanyekan dan Praktekkan Minum Bertanggungjawab

Bali, Event787 Views

Denpasar. Captain Morgan, sebuah merek minuman beralkohol jenis rum yang tersohor di dunia, menggelar kompetisi bartender mixologist bagi para bartender Indonesia dalam kompetisi unik yang menggabungkan teknik membuat cocktail dan penyajiannya bersama makanan. Kompetisi tahun ini adalah penyelenggaraan kedua, mengangkat tema ‘Mixochef Mixologist Captain Competition’. Kompetisi dilaksanakan di Grace Restaurant Maya Sanur Resort & Spa, Senin (26/11/2018). Kompetisi bartender ini juga kerjasama dengan Asosiasi Bartender Indonesia (ABI) dan diikuti para bartender dari berbagai resto dan bar di seluruh Indonesia.

Captain Morgan Spiced Gold adalah koleksi Captain Morgan yang bisa di-mix untuk membuat cocktail lebih lezat. Rahasia kenikmatannya datang dari rasa vanila, rempah-rempah dan buah menghasilkan rasa yang kaya dan warna coklat keemasan. Rasanya yang kaya akan rempah-rempah menjadi alasan mengapa Captain Morgan Spiced Gold sangat digemari oleh para pecinta cokctail di Indonesia. Untuk menikmati kelezatannya, Captain Morgan Spiced Gold seringkali disajikan dengan es batu, cola, dan sepotong jeruk nipis yang umumnya dikenal sebagai Captain & Cola.

“Melalui kompetisi ini, Captain Morgan akan lebih banyak memperkenalkan minuman cocktail yang berbeda”, ujar Kristian Tampubolon dari Captain Morgan, saat keterangan persnya kepada awak media disela-sela lomba berlangsung.

“Memang untuk pembuatan minuman dalam kompetisi ini, peserta ditantang meracik atau menggabungkan teknik membuat cocktail yang kompleks atau yang biasa kami sebut dengan balancing of taste. Jadi kita dapetin rasa paitnya, ada after taste-nya, ada rasa manisnya dan juga tingkat keasamannya jadi semua itu diolah dan dikombinasikan sehingga mendapatkan rasa yang mengikat dan menyatu”, jelas Ketua Penyelenggara Robert Rebeca yang juga sebagai Ketua Harian Asosiasi Bartender Indonesia (ABI).

Peserta Mixochef Mixologist Captain Competition - Berita Bali Terkini, Media Bali - Pena Bali
Salah satu peserta sedang unjuk kebolehan meracik minuman.

Rasa Captain Morgan Spiced Gold yang unik membuatnya mudah dicampur dengan berbagai bahan minumam. Seperti campuran dengan daun mint, perasan jeruk nipis, gula cair, jus jeruk nipis, dan club soda. Banyak jenis minuman cocktail lezat yang bisa dibuat karena Captain Morgan Spiced Gold serba guna dan gampang dicampur dengan berbagai bahan. Seperti membuat cocktail Mojito yang sangat digemari di dunia khususnya Perancis, yang juga bisa dibuat menggunakan campuran Captain Morgan Spiced Gold. Kuncinya adalah kreatifitas dan jiwa petualang untuk menemukan rasa baru dan inilah yang mendasari ide tantangan kompetisi ini. Tapi tahun ini, kompetisi dibawa ke petualangan yang lebih seru dan memasukkan food pairing ke dalam tiga tantangan dan satu putaran final. Selain mixing minuman cocktail, para peserta diminta menyajikannya bersama makanan baik hidangan panas maupun dingin.

“Penilaiannya diambil dari beberapa indikator diantaranya ada rasa, aroma, sanitasi, tehnik eksekusi”, terang Robert.

Sepanjang enam bulan ke depan, para bartender dapat menjelajah dunia Captain Morgan Spiced Gold dalam tiga tantangan berbeda, yaitu tantangan pertama Cold Food Mixochef Mixologist Captain Competition yang berlangsung Senin (26/11), tantangan kedua yaitu Hot Food Mixochef Captain Competition yang akan digelar bulan Januari 2019 di Kunyit Restaurant Anya Bar Hotel Beach Resort. Dan tantangan ketiga yakni Sweet Food Pairing Mixochef Mixologist Captain Competition yang akan digelar pada bulan April 2019 di Ocean 360 Beach Club & Grill.

Dari masing-masing tantangan tersebut akan dipilih lima finalis yang berhak membawa pulang hadiah uang tunai total Rp. 22.000.000,-. Di kompetisi ini juga akan dipilih peseta yang paling menguasai panggung dan meraih gelar ‘Best on Stage’. Selanjutnya ke-15 finalis akan bertemu di putaran final ‘Live Competition’ yang akan berlangsung bulan Juni 2019 di Bali.

Pemenang putaran final ‘Mixochef Micologist Captain Competition’ akan mendapatkan gelar ‘Captain Bartender 2018-2019’ dan berhak membawa uang tunai 15 juta rupiah.

Selain mengeksplor kreatifitas di ‘Mixochef Mixologist Captain Competition’, Captain Morgan Spiced Gold juga terus mengajak para bartender untuk aktif mengkampanyekan dan mempraktekkan minum bertanggungjawab.

Robert menyatakan, bartender lokal Bali kini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan bisa menjadi contoh bagi teman atau bartender yang lain diluar Bali. Karena itu, profesi bartender sangat terbuka lebar seiring bertumbuhnya pariwisata Indonesia khususnya Bali.

“Profesi bartender di Indonesia memiliki peluang untuk tumbuh sangat besar. Seiring kunjungan wisatawan datang ke Indonesia, kultur bar resto juga kian berkembang. Bahkan beberapa bar resto di Indonesia khususnya Jakarta dan Bali masuk dalam deretan Asia’s Best Bars. Bar resto ini membutuhkan bartender-bartender kreatif yang gemar bereksplorasi dan membuat pengalaman menikmati minuman cocktail lebih menyenangkan”, beber Robert. (gap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *