Pengabdian Tanpa Batas, TNI Pegang Kepercayaan Publik

Hukum, Nasional51 Views

(Puspen TNI). Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto pada saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Teritorial (Rakorter) TNI Tahun 2019 di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (14/2/2019), menyatakan kegiatan teritorial yang dilakukan TNI merupakan pengabdian tanpa batas dan tanpa pamrih. Karena pengabdian tulus itu, hingga saat ini tingkat kepercayaan publik kepada TNI, menjadikan TNI sebagai institusi yang paling dipercaya.

“Kegiatan pembinaan teritorial TNI, dilaksanakan melalui kegiatan ketahanan wilayah, komunikasi sosial dan bakti TNI untuk membangun kemanunggalan TNI-Rakyat dan pemberdayaan wilayah pertahanan secara dini dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi sosial juang yang tangguh”, tuturnya.

Menurut Mayjen TNI Joni Supriyanto, setiap aparat teritorial harus dapat menyikapi kondisi lingkungan strategis dan perubahan dinamis yang terjadi pada tata kehidupan masyarakat Indonesia. “Untuk itu dalam penerapan Pembinaan Teritorial (Binter) memerlukan improvisasi dan inovasi yang selalu dinamis mengikuti perkembangan kondisi dan sinergitas dengan komponen bangsa lainnya serta kemanunggalan dengan rakyat”, jelasnya.

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto.

Kasum TNI juga mengatakan tujuan pembinaan teritorial diantaranya memberdayakan potensi wilayah menjadi kekuatan pertahanan, baik secara fisik maupun non fisik. Hal ini sangat sesuai dengan tema Rakorter yang diangkat “Melalui Rakorter TNI Kita Wujudkan TNI Yang Profesional, Loyal, Manunggal Dengan Rakyat Dan Siap Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Pelaksanaan Binter oleh Satuan Komando Kewilayahan baik Satkowil maupun non-Satkowil telah mampu menunjukkan hasil yang baik dan memuaskan. “Hal ini sangat berdampak positif terhadap peningkatan citra TNI serta mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat di seluruh pelosok tanah air”, ujarnya.

Kasum TNI mengingatkan penyelenggaraan pembinaan teritorial agar dilaksanakan secara optimal dan berhasil guna. “Setiap kegiatan harus didasari oleh profesionalitas dan loyalitas yang tinggi serta dilaksanakan dengan keterpaduan dan sinergitas dengan seluruh komponen bangsa”, katanya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *