Peringati Harkitnas ke-114, Gubernur Jatim Serukan Kebangkitan Gotong Royong Lawan Covid-19

Peringati Harkitnas ke-114, Gubernur Jatim Serukan Kebangkitan Gotong Royong Lawan Covid-19

Forkopimda Jatim peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022. (foto: ist.)

Surabaya (Penabali.com) – Forkopimda Jawa Timur peringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Jumat (20/5/2022).

Pada kesempatan ini Gubernur Khofifah mengajak arek-arek Jawa Timur gotong royong mewujudkan ‘Optimis Jatim Bangkit’.

Turut hadir Kapolda Jatim Irjen Pol. Nico Afinta, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Irdam V/Brawijaya Brigjen TNI Tjatur Putra Gunadi, Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar, Kaskoarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi dan Wakajati Jatim Firdaus.

Upacara Harkitnas ini dipimpin Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Dalam amanatnya, Gubernur mengajak masyarakat untuk mengenang sejarah dari Dokter Soetomo yang pada tahun 1908 membangun komitmen memajukan pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

“Harapannya, kita membangun kemajuan dari sisa-sisa kemanusiaan. Harapannya juga adalah dapat memajukan nusa dan bangsa, harkat dan martabat bangsa. Endingnya adalah untuk mewujudkan kemerdekaan. Maka pada saat-saat seperti sekarang ini, mari kita mengingat kembali bagaimana seorang dr. Soetomo melakukan inisiasi dengan berbagai kerangka intelektualitas dan kerangka kultural yang luar biasa,” harap Khofifah.

“Maka, gelora kebangkitan itu harus kuat disuarakan oleh arek-arek Suroboyo dan arek-arek Jawa Timur,” tandasnya.

Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022 ini mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan agar bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja, tetapi juga hendaknya kita memahami dan menelaah dari esensi sejarah kebangkitan nasional,” jelas Khofifah.

“Marilah kita memaknai semangat Hari Kebangkitan Nasional untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tambahnya.

Selain melaksanakan Upacara Harkitnas di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Forkopimda Jatim juga melaksakan ziarah serta tabur bunga di Makam Pahlawan dr. Soetomo di Jl. Bubutan Surabaya. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published.