Pimpin Gugus Darma Pramuka Tridatu Kwarcab Gianyar, Arya Amitaba: Akan Meningkatkan Eksistensi “Generasi Tunas Kelapa” Membentuk Generasi Bangsa yang Tangguh

Berita, Gianyar44 Views

Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar, I Gusti Ngurah Wijana, melantik Pimpinan Satuan Karya (Saka) Pramuka Bakti Husada dan Pengurus Gugus Darma Pramuka Tridatu Kwarcab Gianyar masa bakti 2018-2023, di Museum Subak Pantai Masceti Blahbatuh Gianyar, Rabu (21/11).

Gerakan pramuka merupakan organisasi pendidikan non-formal. Gerakan pramuka juga sebuah wadah yang besar dengan berbagai macam wadah pendidikan salah satunya satuan karya (saka) pramuka. “Saka adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi”, jelas Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar, I Gusti Ngurah Wijana.

Ngurah Wijana menerangkan kembali, bahwa saka diperuntukkan bagi pramuka penggalang tetap, pramuka penegak dan pramuka pandega serta para pemuda antara usia 14-25 tahun dengan syarat khusus. Salah satu saka pramuka yang terus aktif dan berkomitmen penuh untuk terlibat dalam pembangunan masyarakat khususnya di Kabupaten Gianyar adalah Saka Pramuka Bakti Husada dibawah binaan Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar.

Dikatakan Ngurah Wijana, ada kekuatan tambahan selain Saka Pramuka Bakti Husada yaitu dari para purna kegiatan pramuka Gugus Darma Pramuka Tridatu Kwarcab Gianyar. Meski baru dilantik, Gugus Darma Pramuka Tridatu ini telah menunjukkan kinerja luar biasa dengan melaksanakan beberapa kegiatan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda bulan Oktober yang lalu bekerjasama dengan Kwarcab Gianyar. Kegiatan itu diantaranya Seminar Pramuka Melek Digital dan Seminar Pramuka Menginspirasi.

“Untuk itu atas nama Kwartir Cabang Gianyar kami mengucapkan terima kasih kepada para senior yang tergabung dalam Gugus Darma Pramuka Tridatu ini”, ucap Ngurah Wijana yang juga Kadis Kebudayaan Kabupaten Gianyar ini.

Gugus Darma Pramuka Tridatu Kwarcab Gianyar merupakan Gugus Darma pertama yang berdiri dan dilantik di Kwartir Daerah Bali. Pembentukannya tercantum dalam UU No. 12 tahun 2010 tentag Gerakan Pramuka dan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 176 tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugus Darma Pramuka. Menurut Ketua Gugus Darma Pramuka Tridatu Kwarcab Gianyar, Made Arya Amitaba, gugus ini memberi ruang mengembangkan kepramukaan bersama kwartir dalam bentuk sumbangsih pemikiran, tenaga, material dan juga finansial. Gugus Darma Pramuka diisi anggota dewasa gerakan pramuka yang usianya diatas 25 tahun yang tidak menjabat sebagai fungsionaris organisasi dan tenaga pendidik.

Ketua Gugus Darma Pramuka Tridatu Kwarcab Gianyar - Berita Bali Terkini, Media Bali - Pena Bali
Ketua Gugus Darma Pramuka Tridatu Kwarcab Gianyar, Made Arya Amitaba

“Tujuan gugus darma pramuka adalah untuk memberikan wadah bagi anggota masyarakat yang ingin membantu mengembangkan kepramukaan bersama dengan kwartir, dalam bentuk sumbangan pemikiran, tenaga, material, dan finansial tetapi tidak menjabat sebagai pengurus organisasi dan tenaga pendidik”, ungkap Amitaba yang juga Dirut BPR Kanti ini.

Setelah dilantik, dalam waktu dekat Gugus Darma Pramuka Tridatu Kwarcab Gianyar akan segera melakukan rapat pengurus untuk merancang program kerja ke depan. Salah satu program kerja yang akan dilakukan adalah mengadakan kegiatan Pramuka Menginspirasi dengan menggelar semacam seminar atau pendidikan motivasi kepada adik-adik pramuka mulai dari SD hingga SMA.

“Pramuka di era sekarang tidak lagi hanya terfokus pada aktivitas keterampilan tali temali, namun bagaimana generasi tunas kelapa ini mampu membekali diri dengan pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu menjadi pribadi yang tangguh, pribadi yang memiliki daya saing dan rasa jengah tetapi tetap berpegang teguh pada etika dan norma budi pekerti sesuai tujuan dasar pramuka untuk membentuk karakter generasi muda yang bermoral dan takwa kepada Tuhan yang maha esa”, papar Amitaba.

Amitaba juga berharap kehadiran Gugus Darma Tridatu Kwarcab Gianyar dapat turut berperan aktif dalam rangka upaya meningkatakan eksistensi dan peran pramuka di masyarakat terutama dalam rangka pembentukan karakter generasi bangsa.

Sementara itu, disela-sela acara pelantikan yang juga dihadiri Wakil Gubernur Bali Cok Oka Artha Ardana Sukawati dan Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Mayun, dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkotika dan prekursor narkotika. Sebagai tindaklanjut kerjasama ini, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar akan membentuk Satuan Karya Pramuka P4GN sebagai bagian partisipasi aktif dalam memerangi penggunaan narkotika pada generasi muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *