PKK Denpasar Perkenalkan “Rumah Contoh”

Sebagai sinergitas program dan gerakan PKK Tahun 2019, Tim Penggerak PKK Kota Denpasar memperkenalkan keberadaan “Rumah Contoh” sebagai rumah masyarakat yang tidak hanya sebagai tempat tinggal namun juga mampu dimanfaatkan sebagai tempat menanam tumbuhan-tumbuhan yang bermanfaat sebagai media tanam khususnya tanaman obat dan tanaman yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari hari.

“Saya kira ini adalah langkah positif yang mampu memberikan dampak positif juga, karena pekarangan rumah mampu dimanfaatkan secara baik dengan menanam toga ataupun jenis lainnya yang bermanfaat,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny Selly Dharmawijaya Manta, didampingi Wakil Ketua Ny. Antari Jaya Negara dan Ny. Kerti Iswara, saat acara Harmonisasi dan Singkronisasi Gerakan PKK Tahun 2019, di Banjar Dharma Santi, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara, Kamis (24/1).

PKK Banjar Dharma Santi dinilai telah mampu menjalankan berbagai program positif yang mampu menularkan semangat positif kepada ibu-ibu PKK di wilayah lain seperti pemeriksaan kesehatan gratis terhadap para lansia dan hadirnya produk-produk olahan makanan, minuman dan kerajinan tangan ibu-ibu PKK yang sekaligus mampu memberikan ruang berkarya dan dapat membantu perekonomian keluarga. “Hal ini juga mendukung program Pemkot Denpasar dalam khususnya dalam menggerakkan ekonomi kreatif yang berlandaskan partisipasi masyarakat,” imbuh istri orang nomor satu di Pemerintah Kota Denpasar itu.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menyampaikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Kota Denpasar yang dinilai memiliki kiprah yang luar biasa. “Kiprah PKK Kota Denpasar sangat luar biasa dan kedepan mari terus bersinergi dalam setiap program,” ungkapnya.

Sementara itu, pemilik Rumah Contoh, I Putu Preanjaya, mengaku sangat senang bisa mendapat kesempatan karena rumahnya dijadikan Rumah Contoh. Ia berharap semoga apa yang dilakukan selama ini mampu menjadi contoh yang baik dan semakin banyak rumah yang asri dan memiliki tanaman bermanfaat. “Tanaman yang ada dirumah saya beragam, mulai dari bunga, tanaman obat dan tentunya tanaman yang dapat bermanfaat untuk sehari hari, ya sebagai bumbu dapur seperti cabe, kunyit dan lain lain,” jelasnya.

Program ini adalah bentuk sinergitas antara Provinsi Bali dan juga Kabupaten/Kota di Bali dan berfokus pada program Halaman Asri Teratur Indah Nyaman (HATINYA) PKK khususnya dalam menciptakan halaman asri teratur indah dan nyaman. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *