PWI Bali Minta Polda Bali Turut Mengawal Terwujudnya Pers Sehat

Denpasar, Hukum36 Views

Denpasar (Penabali.com) – Ketua PWI Bali, IGMB Dwikora Putra, meminta Polda Bali turut mengawal terciptanya dunia pers yang sehat.

“Saya juga berharap Polda Bali ikut melakukan kontrol agar tercipta pers yang sehat sehingga bisa berkontribusi untuk bangsa dan daerah,” harap Dwikora Putra saat menerima kunjungan silahturahmi Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, bersama jajarannya ke Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali di Komplek Niti Praja Lumintang, Denpasar, Rabu (16/8/2023).

Dwikora mengungkapkan, sesuai Peraturan Dewan Pers, wartawan wajib mengantongi sertifikasi kompetensi yang diperoleh melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Menurut dia, sertifikasi sangat penting untuk mendorong wartawan profesional sehingga dapat menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas. Untuk itu, Dwikora meminta jajaran Polda Bali ikut serta mengawal terciptanya pers yang sehat dengan memberi akses dan informasi yang diperlukan wartawan.

“Khusus wartawan yang bernaung di bawah PWI kami selalu menekankan untuk melakukan verifikasi dan konfirmasi terhadap setiap informasi yang akan diberitakan sesuai Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Wartawan harus bertangggung jawab terhadap setiap produk jurnalistik yang dipublikasikan,” tegas Pemimpin Redaksi Harian Warta Bali ini.

Dwikora juga menegaskan PWI mendukung sekaligus memiliki komitmen sama dengan jajaran Polda Bali dalam menangkal informasi bohong alias hoax ditengah gempuran media sosial terutama menjelang Pemilu.

Kabid Humas Polda Bali dan jajaran foto bersama PWI Bali. (foto: ist.)

Pada kesempatan itu, mewakili Anggota PWI Bali, Dwikora menyampaikan terima kasih atas kunjungan silaturahmi Kombes Pol. Jansen Panjaitan bersama jajarannya.

Sementara itu, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan yang baru menjabat sebagai Kabid Humas Polda Bali, mengatakan kehadirannya ke PWI Bali untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan baik.

“Saya berharap untuk bersama-sama memantau dan mengontrol agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan agar terciptanya kondusifitas di wilayah Bali,” harap mantan Kapolresta Denpasar ini.

Menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024, Jansen Panjaitan, mengajak insan pers dan PWI Bali bersama-sama dan bekerjasama memuat pemberitaan yang jauh dari kontroversial serta hoax.

“Kapolda Bali sering menyampaikan tugas polisi itu dinyatakan berhasil apabila informasi ke masyarakat tersampaikan dengan baik sehingga kamtibmas bisa terjaga dengan baik dan dalam hal ini kami menggandeng organisasi seperti PWI,” pungkasnya. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *