Ramia: Optimis Pariwisata Bali Tumbuh Positif di Tahun 2019

Bali, Pariwisata21 Views

Badung. Rasa optimis dan penuh keyakinan pariwisata Bali akan tumbuh positif di tahun 2019, dilontarkan salah seorang pelaku pariwisata Bali, I Made Ramia Adnyana. Menurutnya, pariwisata Bali akan tumbuh positif seiring kepercayaan dunia internasional terhadap pulau yang dijuluki Pulau Seribu Pura ini pasca kesuksesan Bali menjadi tuan rumah pelaksanaan pertemuan internasional IMF-World Bank Annual Meeting bulan Oktober lalu.

“IMF sangat mendongkrak tetapi pengaruhnya hanya saat periode IMF berlangsung saja. Namun dampak positifnya tidak langsung dirasakan”, kata Ramia disela-sela seminar pariwisata yang bertajuk Indonesia Tourism Outlook 2019 di Ayodya Resort Bali Nusa Dua, Jumat (23/11). Namun demikian, Ramia memprediksi dampak IMF akan dirasakan mulai tahun ke depan.

Bukti awal dari dampak IMF itu adalah adanya kunjungan Menteri Pariwisata Zanzibar yang merupakan kunjungan lanjutan Presiden Zanzibar ke Indonesia. “Begitu juga Hungaria yang akan datang tahun 2019 dalam jumlah yang lebih besar”, ungkapnya.

Melihat prediksi itu, Ramia optimis parwisata Bali akan tumbuh positif di tahun 2019. “Pertumbuhannya diatas 5-6 persen meski tidak signifikan pertumbuhannya. Indikatornya juga karena beberapa airline akan melakukan direct flight ke Bali. “Misalnya Singapore Airline direct flihgt dari Mosko, dari New York ke Bali. Itu adalah potensial market yang mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bali”, ucap Rami optimis.

Sementara itu, Asisten Pemerintah Provinsi Bali Ida Bagus Kade Subhiksu yang hadir dalam seminar ini mewakili Gubernur Bali, mengatakan pariwisata masih menjadi andalan Bali sebagai sumber pendapatan. Untuk itu, industri pariwisata harus siap berkompetisi secara global mengingat ketatnya persaingan industri pariwisata.

“Diperlukan pendekatan untuk mengembangkan pariwisata sehingga mendapat kajian bermanfaat bagi pembangunan pariwisata Bali dan seminar ini diharapkan memberikan suatu rumusan pendekatan dalam mengembangkan dan memasarkan pariwisata berkelanjutan”, katanya. (gap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *