Safari Kesehatan Keliling, Optimalkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar bersinergi dengan The John Fawcett Foundation (JFF), Yayasan Kemanusian Indonesia (YKI) Bali, BPJS Kesehatan dan Puskesmas I Denpasar Selatan, kembali menggelar kegiatan Safari Kesehatan keliling yang kali ini menyasar masyarakat di Desa Sidakarya yang dipusatkan di Banjar Tengah, Kecamatan Denpasar Selatan, Rabu (13/2).

Kegiatan serangkaian Hari Kesehatan Nasional serta Hut ke-231 Kota Denpasar, merupakan upaya Pemerintah Kota Denpasar untuk mengoptimalkan serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya serta memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara berkala.

Safari kesehatan kali ini mengkhsusukan pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan THT dan pisioterapi kepada para lansia dan anak-anak, serta edukasi mengenai proses pengurusan jaminan kesehatan dan klinik-klinik di wilayah Desa Sidakarya yang melayani pemeriksaan penyakit tidak menular seperti kolesterol, gula darah dan asam urat.

“Selain memberikan pelayanan kesehatan, pelaksanaan safari kesehatan ini juga diharapkan mampu memberika edukasi, sehingga masyarakat menjadi terbiasa untuk mengecek secara rutin kesehatannya,” jelas Kepala Puskesmas I Denpasar Selatan, dr. AA Ngurah Gede Darmayuda, M.Kes., disela kegiatan.

Perbekel Desa Sidakarya, I Wayan Romi mengatakan safari kesehatan terpadu keliling ini sangat efektif dikarenakan masyarakat bisa datang langsung ke banjar-banjar di wilayah desanya untuk memeriksakan kesehatan.

“Jadi diharapkan dengan safari kesehatan seperti ini kualitas kesehatan hidup masyarakat bisa terus meningkat serta menggugah kesadaran diri terhadap pentingnya pola hidup sehat,” ujarnya.

Salah satu masyarakat Banjar Tengah Sidakarya, Jro Suastini mengaku sangat terbantu dengan kegiatan Safari Kesehatan keliling ini.

“Saya sangat terbantu karena saya bisa langsung datang mengecek kesehatan saya apalagi ini dekat sekali dengan rumah saya dan gratis. Selain mengecek kesehatan mata, saya juga bisa mencoba pisioterapy untuk melancarkan peredaran darah di bagian punggung yang sering sakit”, ungkapnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *