Selain Sambung Listrik di Kawasan Pura Besakih, PLN juga Siapkan Unit Electric Vehicle Charging Station

Karangasem (Penabali.com) – Revitalisasi Kawasan Pura Agung Besakih di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, sedang berlangsung. Demi mendukung kelancaran proyek strategis nasional ini, PLN telah rampung melakukan sambung listrik di lokasi Manik Mas dan Bencingah yang diperuntukkan sebagai gedung parkir dan gedung kios.

I Putu Kariana, Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Timur, menyebutkan PLN melakukan percepatan penyambungan listrik di kawasan yang merupakan tempat persembahyangan bagi umat Hindu sekaligus merupakan cagar budaya ini dengan daya 415 kilo volt ampere (kVA) di Gedung Parkir Manik Mas serta daya 345 kVA di Gedung Kios Bencingah.

“Untuk memenuhi permohonan pelanggan, kami selalu berkoordinasi dengan pihak pelaksana proyek sejak tahun 2021 saat pekerjaan revitalisasi baru dimulai, sehingga secara khusus PLN telah menyiapkan jaringan kabel tanam lebih awal demi mempercepat proses penyalaan,” ungkap Kariana.

Ia menambahkan, penyalaan telah selesai dilakukan dalam kurun waktu 25 hari dari target tingkat mutu pelayanan (TMP) 100 hari yakni pada Desember 2022 lalu, dan akan segera dilakukan penyalaan lanjutan di gedung parkir motor yang dijadwalkan pada Februari 2023 mendatang.

“Khusus untuk penyalaan lanjutan yakni dengan daya sebesar 345 kVA, saat ini kami sedang menunggu kesiapan dari pelanggan, yang mana rencana pembangunan yang dilakukan mencakup infrastruktur kelistrikan beserta kelengkapan unit electric vehicle charging station untuk memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik angkutan umum di Kawasan Pura Besakih,” tutupnya. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *