Susun Blue Print Pariwisata Tanah Toraja, Unhas Harap Unud Kirim Tenaga Ahli Pengembangan Pariwisata

Susun Blue Print Pariwisata Tanah Toraja, Unhas Harap Unud Kirim Tenaga Ahli Pengembangan Pariwisata

Kunjungan Pascasarjana Universitas Hasanudin ke Fakultas Pariwisata, bahas pembukaan Prodi Pascsarjana Pariwisata. (foto: ist.)

Denpasar (Penabali.com) – Bertempat di Ruang Rapat BM 1 Kampus Fakultas Pariwisata, Denpasar, Jumat (03/12/2021), Dekan Fakultas Pariwisata, Dr. Drs. I Nyoman Sunarta, M.Si., menerima kunjungan tim dosen dari Program Pascasarjana Universitas Hasanudin Makassar.

Rombongan Universitas Hasanudin (Unhas) ini dipimpin Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas, Prof. Dr. Ing. Herman Parung, M.Eng., dan ditemani beberapa dosen lainnya. Sementara dari Fakultas Pariwisata Unud, turut mendampingi dekan, Bagian Kerja Sama Fakultas Pariwisata Unud, Ni Made Sofia Wijaya, SST.Par., M.Par., Ph.D., dan Putri Kusuma Sanjiwani, SH., MH.

Prof. Herman mengatakan, tujuan kunjungan Unhas ini untuk menjajaki kemungkinan kerja sama terkait pembukaan Program Studi Pascasarjana Pariwisata (S2 Pariwisata) di Unhas.

“Kami dari Pascasarjana dalam proses untuk pembentukan Program Studi S2 Pariwisata, dan kami yakin bahwa Fakultas Pariwisata Udayana adalah tempat yang bagus bagi kami untuk melakukan benchmarking terkait dengan penyusunan kurikulum serta mungkin mencari calon dosen tetap untuk bisa kami ajak bergabung di Universitas Hasanudin,” ungkapnya.

Selain itu, Prof. Herman juga menyinggung kemungkinan kerjasama dalam lingkup yang lebih luas seperti pengembangan daya tarik wisata bersama pemerintah daerah setempat.

“Kami lagi menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Toraja terkait penyusunan blue print pariwisata Tanah Toraja dan karena pengalaman Udayana lebih banyak dari kami, kami harapkan nanti bantuan dari Udayana dalam penyusunan blue print pariwisata tersebut,” jelasnya.

Adapun sebagai tindak lanjut pertemuan ini, kedua pihak akan segera membentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang salah satu poinnya adalah pertukaran dosen.

Prof. Herman berharap kedepannya Fakultas Pariwisata Unud bisa mengirim tim dosen terbaiknya sebagai tenaga ahli dalam pengembangan pariwisata di Tanah Toraja.

Terhadap tawaran itu, Dekan Fakultas Pariwisata Unud menyambut baik dan menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi tawaran tersebut.

Pertemuan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari kedua belah pihak. Usai pertemuan, rombongan dosen dari Unhas berencana mengobservasi beberapa daya tarik wisata di Bali. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published.