Thrivty Sustainable National Competition 2024: Membuka Jalan Menuju Lingkungan yang Lebih Baik

Event, Inovasi235 Views

Penabali.com – Ladies, biasanya kita membeli barang bekas di pasar atau melalui teman. Namun, bagaimana kalau belanja barang bekas secara online? Mungkin banyak dari kita yang masih merasa asing dengan hal tersebut. 

Salah satu platform inovatif jual-beli barang bekas berkualitas secara online yang hadir mendukung keberlanjutan lingkungan adalah Thrivty.id. Lahir dari keresahan terhadap tumpukan barang tak terpakai barang pribadi yang masih dapat diperpanjang, Thrivty hadir menjadi platform re-commerce multi kategori serbaguna dengan misi meningkatkan kepedulian masyarakat akan lingkungan melalui jual-beli barang bekas.

Dalam mewujudkan misinya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap keberlanjutan lingkungan, Thrivty mengajak generasi muda untuk berkontribusi memberikan pemikiran dan gagasan mereka tentang tanggung jawab atas produksi dan perubahan iklim menuju Indonesia emas melalui lomba berskala nasional dengan hadiah jutaan rupiah bertajuk Sustainable National Competition (SNC) 2024. Mengusung konsep visioner dengan tema “Youth Role in Achieving Golden Indonesia 2045 Vision through SDGs 12 & 13”, lomba ini memiliki tiga subtema, yaitu Economy, Technology, dan Social & Environment dengan tiga cabang lomba yaitu Esai, Poster Infografis, dan Speech Contest.

Senin, 5 Februari 2024, Thrivty telah menggelar Awarding Night melalui platform Zoom Meeting bersama ratusan peserta Sustainable National Competition 2024 yang ikut serta menjadi bagian dari lomba berskala nasional ini dari berbagai daerah yang ada di Indonesia seperti dari Jawa, Bali, Sumatera, hingga Kalimantan. Saat acara dimulai, salah seorang peserta lomba Sustainable National Competition 2024, Cinta Berliana mengatakan bahwa ia mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dari kompetisi ini karena tema yang diangkat cukup menantang.

Sustainable National Competition 2024 melalui zoon meeting.
Sustainable National Competition 2024 melalui zoon meeting.

“Pengalaman ikut lomba ini menurutku dari tema cukup menantang karena harus meng-highlight dua SDGs (12 dan 13) dengan waktu yang terbatas, tapi pengalaman yang aku dapat sangat berharga”.

Acara dimulai dengan membaca doa bersama dan disambung dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama. Namun, sebelum masuk ke sesi utama, salah satu juri Sustainable National Competition 2024 dari cabang lomba Speech Contest, Fitra Ariesta memberikan kesan-pesannya selama menjadi bagian dari lomba ini. Fitra mengatakan bahwa banyak sekali ide bagus yang tercipta pada lomba ini dan ia juga mendapatkan perspektif baru dari berbagai karya-karya peserta lomba. 

To be honest, dalam menentukan pemenang ini termasuk susah karena setiap peserta menyediakan ide yg bagus dan dikembangkan dengan sangat baik. Aku juga mendapat ide baru, perspektif baru, jadi sangat menyenangkan. Overall semuanya bagus dan banyak ide-ide unik!”

Setelah itu, acara berlanjut ke sesi utama yaitu pengumuman juara masing-masing cabang lomba. Pada Sustainable National Competition 2024 ini, Thrivty menyediakan hadiah total senilai jutaan rupiah beserta sertifikat pemenang dan keikutersertaan sebagai bentuk apresiasi kepada setiap peserta. Dari tiga cabang lomba yang diikutsertakan, terdapat tiga pemenang dari masing-masing cabang. 

Pada cabang lomba Speech contest ini, juara 3 berhasil diraih oleh Adhika Pramudhia Kirana dengan nilai 74,1/100 dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp500.000. Lalu, juara 2 pada lomba ini berhasil diraih oleh Aliyah dengan nilai 74,25/100 dan mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp750.000. Sedangkan, juara pertama dengan hadiah uang tunai senilai Rp1.000.000 berhasil dibawa pulang oleh Ali Umri dengan nilai 74,3/100.

Pada lomba Esai, juara 3 diraih oleh Aushaaf Rafif Keane Pribadi dan mendapatkan  uang tunai senilai Rp300.000 dengan karya berjudul “Solar Photovoltaic Prosumer : Transformasi Pola Produksi dan Konsumsi sebagai Katalis Akselerasi Transisisi Energi Indonesia”. Lalu, juara 2 dengan hadiah uang tunai senilai Rp500.000 diraih oleh Rainata Freya Azahara dengan karya berjudul “Pengembangan Konsep Ekonomi Sirkular Melalui Platform GreenJobs Dalam Mencapai Visi Indonesia Emas 2045”. Sementara, juara utama pada lomba ini berhasil diraih oleh Eunike Hilderia Nababan dengan karya berjudul “Pengembangan Program Green Business Incubation dalam Menciptakan Green Entepreneurs Indonesia Emas 2045” dan berhak membawa pulang hadiah utama uang tunai senilai Rp750.000.

Sementara pada cabang lomba Poster, karya Camelia dengan nilai 84,1/100 berhasil menjadikannya juara ke-3 dengan hadiah uang tunai sebesar Rp300.000. Sedangkan, juara 2 pada lomba ini berhasil diraih oleh Faiza Safa Thurayya dengan nilai 85,52/100 dan berhasil mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp500.000. Lalu, juara 1 pada lomba poster berhasil diraih oleh Azzila Atha Madinah Ardiyansyah dengan nilai 90,02/100 dan berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp750.000.

Diselenggarakan selama dua bulan sejak 25 November 2023 hingga 24 Januari 2024, Sustainable National Competition 2024 sukses diikuti sebanyak 281 peserta dari 158 instansi yang berbeda baik swasta maupun negeri dengan melibatkan sebanyak 6 juri yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya. Lomba essay menjadi cabang lomba yang paling banyak diikuti sebanyak 158 peserta, lomba poster sebanyak 73 peserta, dan lomba speech sebanyak 50 peserta.

Acara Awarding Night ini menjadi puncak acara dari Sustainable National Competition 2024. Melalui kompetisi lomba bersakala nasional tersebut, Thrivty telah berhasil memberikan wadah kepada generasi muda Indonesia untuk memberikan ide dan gagasan mereka tentang tanggung jawab atas produksi dan perubahan iklim menuju Indonesia emas 2045 melalui karya-karya yang berkualitas. 

Kehadiran Thrivty diharapkan dapat menjadi pemantik bagi para generasi muda agar semakin sadar dengan isu-isu lingkungan hidup dan gaya hidup berkelanjutan. Sebagai salah satu platform re-commerce baru di Indonesia, Thrivty berharap kehadirannya dapat membuka semakin banyak jalan menuju lingkungan yang lebih baik melalui praktik-praktik hidup berkelanjutan seperti membeli dan menggunakan produk-produk second berkualitas yang bisa didapatkan di Thrivty karena dengan Thrivty! Barang Lama Rasa Baru! (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *