Tutup Rangkaian Bulan Bung Karno 2022, Bupati Suradnyana Ajak Masyarakat Buleleng Bumikan Pancasila

Tutup Rangkaian Bulan Bung Karno 2022, Bupati Suradnyana Ajak Masyarakat Buleleng Bumikan Pancasila

Bupati Suradnyana serahkan piala kepada pemenang lomba serangkaian Bulan Bung Karno 2022. (foto: ist.)

Buleleng (Penabali.com) – Peringatan Bulan Bung Karno IV 2022 merupakan sebuah wahana refleksi pengamalan Pancasila di Kabupaten Buleleng.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dalam sambutannya pada Penutupan Peringatan Bulan Bung Karno IV tahun 2022 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, Kelurahan Sukasada, Kamis (30/6/2022).

Bupati Suradnyana menjelaskan berbagai kegiatan dalam peringatan Bulan Bung Karno adalah sebuah upaya untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam bingkai kearifan lokal masyarakat. Pancasila sebagai dasar negara mempunyai implikasi bahwa Pancasila terikat kekuatan secara hukum, struktur kekuasaan secara formal dan cita-cita hukum yang menguasai negara. Pancasila juga sebagai ideologi dan pandangan hidup Bangsa Indonesia.

“Dan sebagai jiwa serta kepribadian bangsa,” jelas Bupati.

Peringatan Bulan Bung Karno bermakna sebagai wahana refleksi diri terhadap apa yang telah, sedang dan akan dilakukan dalam pengamalan Pancasila khususnya di Kabupaten Buleleng. Memberi arti Pancasila sebagai falsafah negara yang begitu strategis terutama dalam menjalankan peran keteladanan dari pengamalan Pancasila itu sendiri.

Bupati Suradnyana saat menutup rangkaian Bulan Bung Karno Tahun 2022 di Kabupaten Buleleng. (foto: ist.)

“Yakni dengan pengamalan sila-sila Pancasila sesuai dengan identitas yang melekat dalam diri dan institusi,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Bulan Bung Karno IV Tahun 2022 Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Suadnyana, mengungkapkan berbagai kegiatan telah dilakukan pada peringatan tahun ini. Hal ini merupakan sinergi dari seluruh SKPD di lingkup Pemkab Buleleng.

Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain melukis/mewarnai wajah Bung Karno tingkat SD, pameran produk unggulan daerah dan gemar makan ikan, Gerakan Bali Resik dan Penebaran Benih Ikan, Lomba Baca Puisi dan Pidato antar kader PKK kecamatan se-Kabupaten Buleleng, Lomba Fragmentari tingkat SMA dan Lomba Cipta Lagu Cagar Budaya Buleleng.

“Semua rangkaian kegiatan dalam peringatan Bulan Bung Karno IV Tahun 2022 tujuan utamanya adalah untuk mengenang jasa-jasa Bung Karno sebagai Bapak Proklamator dan Bapak Presiden Pertama Republik Indonesia,” ungkap Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekda Buleleng ini.

Pada penutupan kali ini juga diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba oleh Bupati Agus Suradnyana, Wakil Bupati I Nyoman Sutjidra, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Sekretaris Daerah Buleleng Gede Suyasa dan Ida Bagus Suadnyana selaku Ketua Panitia Peringatan Bulan Bung Karno IV tahun 2022. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published.