Universitas Udayana dan Busan University of Foreign Studies Perpanjang Kerjasama Akademik

Universitas Udayana dan Busan University of Foreign Studies Perpanjang Kerjasama Akademik

(foto: ist.)

(Penabali.com) – Fakultas Ilmu Budaya melakukan penandatanganan kerja sama dengan Departement of Indonesian and Malay Studies. Penandatangan kerja sama ini dilakukan Senin, 25 Juli 2022, di Ruang Ir. Soekarno kampus setempat.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah dimiliki Universitas Udayana dengan Busan University of Foreign Studies. Perjanjian Kerja Sama ini meliputi beberapa program kerja sama diantaranya adalah pertukaran dosen, pertukaran pelajar, dan pelaksanaan short course di FIB.

Pada kesempatan penandatanganan PKS ini dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Direktur Departement of Indonesian and Malay Studies, Koprodi di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya, dosen, mahasiswa Busan University of Foreign Studies dan mahasiswa di lingkungan FIB.

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Made Sri Satyawati menyampaikan selamat datang kepada Prof. Yekyoum Kim dan mahasiswa BUFS. Pelaksanaan kerja sama antara FIB dan BUFS telah berlangsung sejak lama, dan kini diperpanjang lagi.

“Kami sangat senang kerja sama antara FIB dan BUFS dapat berlangsung dan terimplementasi dalam bentuk kegiatan. Bentuk implementasi perpanjangan kerja sama ini yang pertama adalah penyelenggaraan short course selama 1 bulan. Kami berharap ini akan berlanjut secara reguler dan berkembang menjadi kerja sama di bidang lainnya,” ungkap Dr. Sri Satyawati.

Direktur Indonesian and Malay Studies, Prof. Yekyoum Kim, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas sambutan dari FIB. Prof. Kim lebih lanjut menyampaikan program short course ini menjadi awal berlanjutnya kerja sama FIB dan BUFS.

“Kami berterima kasih atas sambutan yang hangat dari Ibu Dekan dan seluruh sivitas Fakultas Ilmu Budaya. Kerja sama antara FIB dan BUFS akan terus berlanjut dengan dimulainya short course ini. Kita akan menjajaki pertukaran pelajar dan visiting profesor antara dua universitas,” ungkap Prof. Kim.

Penandatanganan kerja sama ini juga dilanjutkan dengan penandatanganan implementasi kerja sama dalam penyelenggaraan program short course. Program short course ini bernaung di bawah program BIPA dengan menggandeng empat prodi, diantaranya adalah Prodi Sastra Indonesia, Prodi Sastra Bali, Prodi Sastra Jawa Kuno, dan Prodi Antropologi Budaya. Pada kesempatan ini Ketua Program BIPA, Prof. Dr. Suparwa dan keempat kordinator program studi menandatangani berita acara implementasi kerja sama.

Pada program short course ini diikuti delapan orang mahasiswa Busan University of Foreign Studies selama satu bulan. Pada program ini mahasiswa dari BUFS akan belajar bahasa Indonesia, belajar bahasa Bali, dan budaya Bali.

Selama program berlangsung satu bulan, delapan mahasiswa BUFS ini akan didampingi enam belas mahasiswa dari FIB. Enam belas mahasiswa dari FIB ini akan menjadi pendamping belajar selama mahasiswa BUFS mengikuti program short course. Program short course ini adalah program rintisan yang akan menjadi rancangan program yang sama tidak hanya untuk BUFS, tapi seluruh mitra internasional FIB. Tawaran penyelenggaraan short course akan menjadi salah satu program unggulan Fakultas Ilmu Budaya. (rls)

Sumber: http://www.unud.ac.id

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published.