Warga Sumringah! Jalan Lokapaksa Diperbaiki, Target Tuntas Oktober 2022

Buleleng6 Views

Buleleng (Penabali.com) – Setelah melalui berbagai kendala akibat pandemi Covid-19, perbaikan jalan menuju Pantai Lokapaksa sepanjang 1,2 kilometer akhirnya mulai dikerjakan pada tahun 2022.

Proyek rehabilitasi jalan desa dari Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas PUTR ini merupakan salah satu program prioritas untuk memberi kenyamanan pada warga khususnya masyarakat Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, dan disambut antusias Perbekel Desa Lokapaksa dan masyarakat sekitar.

Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Ekaputra, Kamis (8/9/2022), menegaskan bahwa peningkatan jalan di Desa Lokapaksa menuju pantai itu telah dikerjakan sejak Mei lalu dan ditargetkan tuntas pada Oktober 2022.

“Perbaikan Jalan Lokapaksa menuju pantai sepanjang 1,2 kilometer itu sudah dikerjakan. Anggaran yang dikeluarkan sebesar 2 miliar lebih,” ujarnya.

Ditambahkan, pengerjaan yang dilakukan bukan hanya pada pengaspalan jalan, melainkan juga pembangunan drainase, pembetonan hingga pengerjaan tanah dan geosintetik.

Sementara itu, Perbekel Desa Lokapaksa, Putu Dodik Triana, ketika ditemui di kantornya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng atas direalisasikannya perbaikan jalan yang diusulkan tahun 2021 lalu. Perbaikan Jalan Lokapaksa menuju pantai itu disambut antusias masyarakat desa sebagai salah satu akses jalan yang menjadi pendukung perekonomian masyarakat. Dari hasil pantauan Perbekel Dodik, pengerjaan jalan sudah mencapai progres 65%, dengan harapan proyek jalan ini bisa berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

“Mudah-mudahan lancar dan bisa selesai tepat waktu, agar kedepannya jalan ini bisa dinikmati oleh masyarakat Desa Lokapaksa khususnya warga Banjar Carik Agung. Selain itu dengan fasilitas jalan yang baik dapat menopang atau menunjung perekonomian masyarakat Lokapaksa,” harapnya.

Di tempat yang sama, I Gusti Made Sanjaya selaku Kelian Desa Adat Lokapaksa menuturkan sangat berterimakasih kepada Pemkab Buleleng karena telah direalisasikannya bantuan pengaspalan jalan menuju pantai dan Pura Segara Lokapaksa. Mengingat Pantai Lokapaksa ini merupakan pantai yang digunakan untuk upacara melasti dari berbagai desa, dengan adanya akses jalan yang bagus tentunya akan dinikmati oleh seluruh masyarakat pada saat upacara melasti yang tiap tahunnya selalu dilaksanakan.

(foto: ist.)

Tidak hanya itu, dimulai dari akses jalan yang bagus pihaknya akan selalu bersinergi dengan Pemdes untuk kedepannya akan menata pantai dan membangun wisata pantai yang kekinian.

“Yang kita maksud dengan wisata kekinian di sini adalah wisata yang murah, wisata yang terjangkau oleh masyarakat Lokapaksa,” tegasnya.

Dengan pengelolaan dan penataan pantai yang baik diharapkan akan menjadi tujuan masyarakat untuk berwisata dan memutus stigma negatif mengenai isu berkembang tentang jalan menuju pantai yang rusak dan kotor.

“Di tahun ini stigma negatif yang berkembang akan kita rubah dengan adanya infrastruktur jalan yang bagus ini,” sambungnya.

Perbaikan jalan ini tentu saja disambut gembira masyarakat sekitar. Salah satu warga yang bernama I Putu Sutaba sangat berterimakasih kepada pihak terkait karena jalan yang sudah lama rusak ini kini direalisasikan perbaikannya.

Dirinya sangat merasa nyaman dengan fasilitas jalan yang baik tentu akan bisa meningkatkan perekonomian khususnya masyarakat pesisir pantai Lokapaksa dan bisa meningkatkan pariwisata pantai.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng dan pemerintah desa telah merealisasikan rehabilisasi perbaikan jalan ini,” tutup Sutaba. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *