Wujud Bakti Kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Wagub Cok Ace “Ngayah” Tarikan Topeng Sidakarya

Meski telah menjabat sebagai Wakil Gubernur Bali, tapi Tjok Oka Artha Ardana Sukawati tak melupakan tugas “ngayah”nya sebagai seorang seniman. Kali ini, Wagub Bali yang lebih populer dipanggil Cok Ace itu, melaksanakan tugas “ngayah”nya dengan menarikan Topeng Sida Karya pada prosesi puncak Karya Padudusan Agung, Segara Kertih, Tawur Balik Sumpah Agung Miwah Mupuk Pedagingan, di Pura Kahyangan Jagat Er Jeruk Desa Pakramam Sukawati, Gianyar, Rabu (30/1).

Wagub Cok Ace tampak sangat khusuk menjalani setiap proses tarian topeng Sida Karya. Menurutnya ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kesenian dan warisan leluhur. “Selain sebagai bentuk upaya kita dalam melestarikannya”, katanya. “Jika ada kesempatan tentu saja akan terus melaksanakan swadharmaning ngayah ini. Karena sebagai bentuk bhakti terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta upaya melestarikan warisan leluhur,” imbuh penglingsir Puri Ubud Gianyar ini.

Kesenian terutama tarian sakral sudah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari orang nomor dua di Pemerintah Provinsi Bali ini. Selain menekuni tarian topeng wali, Cok Ace juga kerap ngayah tari Calonarang di beberapa pura di seluruh Bali, terutama berperan sebagai Durga. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *