Gus Adhi: Kuatkan Jurus dan Tingkatkan Nilai Rohani Jasmani Menuju Prestasi Puncak

Bali, Berita, Olahraga36 Views

Rakerda PPS Kertha Wisesa Bangkit Maju Menusantara,

 

Perguruan Pencak Silat (PPS) Kertha Wisesa menggelar rapat kerja daerah (rakerda), yang dilaksanakan di Inna Bali Heritage, Denpasar, Kamis (20/12/2018). Rakerda dihadiri ranting PPS Kertha Wisesa dari seluruh Bali, mengusung tema, ‘Melalui Rakerda Kita Tingkatkan Soliditas Organisasi Untuk Mencapai Prestasi Puncak’.

Rakerda ini bertujuan untuk menghasilkan program kerja organisasi yang akan digunakan sebagai acuan didalam menggali dan meningkatkan prestasi PPS Kertha Wisesa. Ada beberapa hal yang disepakati dan dihasilkan dalam rakerda ini yaitu lahirnya salam Kertha Wisesa yang baru, kemudian buku dasar jurus yang akan disosialisasikan sehingga ada acuan yang mendasar didalam pengembangan-pengembangan jurus dari aktifitas ranting di seluruh Bali.

Dalam rakerda ini juga akan menghasilkan sejumlah keputusan dan kesepakatan yang harus dijalankan oleh seluruh anggota pesilat Kertha Wisesa. “Kami tekankan kepada anggota agar melaksanakan apa yang sudah menjadi hasil dari rakerda ini yaitu melakukan kegiatan baik didalam melahirkan pelatih atau wasit, kenaikan ikat pinggang dan juga melakukan ajang evaluasi kegiatan yang dilaksanakan di setiap cabang. Kemudian evaluasi di tingkat provinsi lalu evaluasi di tingkat nasional”, jelas Ketua Umum DPW Kertha Wisesa Provinsi Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra, saat ditemui disela-sela rakerda, Kamis (20/12/2018).

Ketum PPS Kertha Wisesa Provinsi Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (tengah) yang juga anggota Komisi IV DPR RI.

Dalam rangka peningkatan prestasi atlet, PPS Kertha Wisesa juga terus menjalankan program-program pembinaan dan latihan yang dilakukan di setiap ranting di seluruh Bali. Upaya untuk meraih prestasi tersebut, kata Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra, dilakukan dengan menguatkan jurus-jurus pencak silat, meningkatkan fisik atlet, dan juga menguatkan nilai rohani yang wajib dilakukan oleh atlet sehingga mereka betul-betul memaknainya secara utuh rohani dan jasmani sebagaimana yang diwariskan oleh leluhur terkait dengan jurus-jurus dasar cimande dalam kaitannya melatih olah fisik dan olah keterampilan dalam olahraga pencak silat.

“Kita ingin menghidupkan kembali nilai-nilai rohani yang dimiliki oleh Kertha Wisesa selama ini yang cenderung ditinggalkan karena menonjolkan menggali prestasi dalam kaitan olahraga pencak silat. Semoga rakerda ini bisa menghasilkan sesuatu jalan menuju kejayaan PPS Kertha Wisesa”, ujar Ketum yang lebih populer dipanggil Gus Adhi ini.

Patut diketahui, PPS Kertha Wisesa telah mampu mengharumkan nama Bali utamanya dunia pencak silat Bali dengan mengukir prestasi gemilang dalam Kejuaraan Nasional USM Pencak Silat Championship 2018 uang digelar di Semarang bulan Juli lalu. Dalam kejurnas tersebut, 48 atlet PPS Kertha Wisesa sukses membawa pulang medali 29 emas, 7 perak dan 9 medali perunggu. Atas prestasinya itu, PPS Kertha Wisesa berhak atas predikat Juara Umum di tingkat SD, SMP dan SMA. Dengan capaian tersebut, PPS Kertha Wisesa bertekad terus untuk meningkatkan pembinaannya. Sejalan dengan tema rakerda dengan meningkatkan soliditas organisasi menuju prestasi puncak. Bahkan tekad PPS Kertha Wisesa adalah ‘Bangkit Maju Menusantara’.

“Jadi sedang digodok saat ini , gambaran saya sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Kertha Wisesa Provinsi Bali, minimal jadi di tiga bulan itu ada kegiatan di tingkat cabang, enam bulan ada kegiatan di tingkat provinsi, yang kemudian satu tahun sekali yaitu ada kejuaraan di tingkat nasional. Itu dasar dan kalau ingin dikembangkan lagi ya silahkan”, ujar Gus Adhi yang juga anggota Komisi IV DPR RI dan di pileg 2019 maju sebagai caleg petahana DPR RI dari Partai Golkar dapil Bali nomor urut 2. (gap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *