Luncurkan Gerakan Semesta Berencana Resik Sampah Plastik, Gubernur Koster: Akan Siapkan Pergub Pengelolaan Sampah

Gubernur Bali Wayan Koster meluncurkan Program Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Lapangan Umum Kintamani, Bangli, Minggu (7/4). Menurutnya, program ini merupakan implementasi dari Peraturan Gubernur (Pergub) 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai.

Dijelaskan, Pergub 97/2018 bertujuan menjaga kesucian, keharmonisan, keselarasan dan keseimbangan lingkungan hidup serta membangun partisipasi masyarakat untuk berperan serta dalam perlindungan lingkungan hidup yang sesuai dengan visi Pemprov Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

“Program ini inisiatif Pemprov dengan memilih Bangli sebagai tempat diluncurkannya program ini. Dari Bangli program ini juga dilaksanakan serentak hari ini dan dipimpin langsung Bupati/Walikota,” jelas Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali itu.

Sebagai lanjutan dari Pergub 97/2018, kata Gubernur Koster, saat ini juga sedang disiapkan Pergub yang akan mengatur pengelolaan sampah mulai dari tingkat rumah tangga, kelurahan, desa, kecamatan hingga kabupaten.

“Bahkan pengelolaan sampah di tingkat Pura serta sekolah juga akan diatur dalam pergub tersebut,” imbuhnya.

Gerakan Semesta Berencana Resik Sampah Plastik ini dilaksanakan serentak di seluruh Bali pada hari Minggu 7 April 2019. Gerakan ini tidak hanya diikuti instansi pemerintah saja, namun juga oleh TNI/POLRI, BUMN, BUMD, swasta, universitas, sekolah dan seluruh lapisan masyarakat. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *