Mengupas Jejak Perjalanan Suci Mpu Baradah, Wagub: Akhir Penelusuran Pemargin Leluhur, Kita Semua Bersaudara

Sebagai generasi penerusnya, sudah tentu kita harus mengetahui jejak para leluhur kita agar tidak ada informasi yang simpang siur sehingga kita akan tahu kisah sejatinya dari data dan informasi yang akurat dan valid. Harapan itu disampaikam Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat membuka seminar yang mengupas perjalanan Mpu Baradah ke Bali, yang dilaksanakan di areal Pura Tanjung Sari, Sanur, Denpasar, Minggu (24/2).

Dikatakan penelusuran sejarah sangat penting dilakukan. Ia menambahkan tentunya apa yang didapat dari seminar ini belum sempurna sehingga perlu dilakukan pengembangan lagi diantaranya untuk memilah lagi mana yang termasuk kisah babad, dongeng dan mana cerita yang memang benar cerita sejarah.

“Pada akhirnya dari penelusuran pemargin leluhur, yang paling penting adalah mengetahui bahwa kita semua bersaudara,” kata tokoh Puri Ubud yang biasa disapa Cok Ace ini. Ia berharap nantinya hasil dari seminar ini bisa dimanfaatkan oleh Dinas Kebudayaan untuk mengembangkan pengetahuan dan disebarluaskan kepada masyarakat Bali.

Ketua Panitia Seminar, IB Suamba Bhayangkara mengatakan seminar ini dilakukan untuk melestarikan pengetahuan tentang perjalanan Mpu Baradah agar diketahui masyarakat Bali. “Jangan sampai terlupakan oleh para penerusnya,” ujar warga asli Sanur ini. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *