Partai Demokrat Buleleng Buka Penjaringan Balon Bupati – Wakil Bupati 2024

Terbuka Untuk Masyarakat Umum

Singaraja (Penabali.com)– Dewan Pimpinan Cabang ( DPC ) Partai Demokrat Kabupaten Buleleng membuka pendaftaran untuk bakal calon Bupati – Wakil Bupati yang akan maju di Pilkada Buleleng, pada 27 November 2024 mendatang. Penjaringan bakal calon ini pun tidak hanya diperuntukan untuk kader saja, melainkan terbuka untuk masyarakat umum.

Ketua DPC Demokrat Buleleng Luh Gede Herryani pada Sabtu (11/5) menjelaskan pendaftaran untuk bakal calon dari Partai Demokrat ini terbuka untuk masyarakat umum. Pihaknya pun mengajak, agar masyarakat yang mempunyai keinginan menjadi bakal Calon Bupati – Wakil Bupati untuk bergabung bersama Partai Demokrat.

Selain membuka pendaftaran, Partai Demokrat juga melakukan pendekatan dengan beberapa partai untuk membentuk koalisi. Pasalnya, hasil Pileg 2024 lalu, Partai Demokrat hanya mampu mendapatkan 3 kursi di DPRD Kabupaten Buleleng.

“Kita akan melakukan penjajakan partai lagi. Diantaranya Parati Hanura dan Nasdem, kemungkinan Gerinda. Atau Melanjutkan koalisi yang selanjutnya, namun jika di tambah partai lain akan menjadi amunisi tambahan lagi untuk Demokrat,” kata Luh De.

Setelah resmi dibuka, Dewa Nyoman Sukrawan menjadi pendaftar pertama untuk jadi bakal calon. Ketua Bapilu Demokrat Bali itu pun, telah menyerahkan berkas pendaftarannya kepada Ketua DPC Partai Demokrat Buleleng.

Sukrawan mengatakan, semua partai yang dijajaki saat ini masih dalam proses penjaringan. Partai-partai pun, saat ini belum mengeluarkan rekomendasi pasti siapa bakal calon yang akan diusung di Pilkada 2024. Dia mengaku siap, jika nantinya diusung oleh partai yang didaftar. Asalkan partai tersebut, telah lolos ambang batas pencalonan.

“Kalau diusung semua partai boleh. Yang penting 20 persen itu tercapai. Kalau tidak tercapai 20 persen tidak mungkin diusung. Kita cair saja. Karena semua partai politik di Buleleng semua teman, saudara semua. Yang penting perhelatan ini demokrasinya berjalan,”ungkapnya. (ika)