Selama Mudik Lebaran, PLN Siagakan Ribuan SPKLU di Seluruh Wilayah Indonesia.

Berita, Nasional220 Views
Sebanyak 1.124 unit SPKLU yang tersebar di sekuruh wilayah Indonesia disiagakan untuk memfasilitasi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.Penabali/om
Sebanyak 1.124 unit SPKLU yang tersebar di sekuruh wilayah Indonesia disiagakan untuk memfasilitasi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.
Penabali/om

Jakarta (Penabali.com) – Selama masa mudik Lebaran 1445 H, untuk memastikan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik siap digunakan, PT PLN (Persero) menyiagakan 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia..

Direktur Utama (Dirut) PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN terus berkomitmen untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, terutama selama masa mudik Lebaran tahun ini bersama para mitra untuk memastikan SPKLU dalam kondisi siap melayani para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Khusus untuk jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatra-Jawa ada tambahan 168 unit SPKLU., termasuk pada beberapa titik utama arus mudik di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara hingga Papua.

“PLN telah memetakan secara cermat terkait sebaran SPKLU tersebut. Seperti di tol Trans Sumatra-Jawa, rata-rata jarak antar SPKLU adalah sekitar 23 km. Ini sangat aman untuk melayani kebutuhan kendararaan lisrik yang rata-rata jarak tempuhnya antara 300-500 km,” jelas Darmawan di Jakarta, Sabtu (30/3/2024).

PLN mengerahkan 3.504 pegawai untuk standby selama 24 jam nonstop di SPKLU tersebar dan menyiagakan SPKLU mobile yang dapat bergerak untuk melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau SPKLU konvensional. “PLN juga menyiapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua. Saat ini, terdapat 1.839 unit SPBKLU di seluruh wilayah Indonesia,” kata Darmawan.

Disiagakan pula 9.771 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk pengisian daya motor listrik, dan untuk mengetahui titik-titik rinci lokasi SPKLU, SPBKLU, dan SPLU tersebut pelanggan bisa mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile. Kanal Pengaduan Layanan 24 Jam 7 Hari juga disiagakan PLN untuk menunjang kenyamanan pelanggan yang bisa dihubungi di Contact Center 123 dan WhatsApp 087771112123.

PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi, serta mengusung agenda transformasi dengan aspirasi “Green, Lean, Innovative, and Customer Focused” demi menghadirkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *