Peringatan HFN 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia

Berita, Event, Nasional269 Views
Peringatan HFN ke-74 Tahun 2024 mengusung tema “Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya” digelar di Gedung Pesona Film Indonesia, Jakarta, Sabtu (30/3/2024).Penabali/om
Peringatan HFN ke-74 Tahun 2024 mengusung tema “Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya” digelar di Gedung Pesona Film Indonesia, Jakarta, Sabtu (30/3/2024).
Penabali/om

Jakarta (Penabali.com) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, menggelar peringatan Hari Film Nasional (HFN) ke-74 Tahun 2024, yang mengusung tema “Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya” di Gedung Pesona Film Indonesia, Jakarta, Sabtu (30/3/2024).

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengaku bangga melihat kebangkitan dunia perfilman Indonesia saat ini, seiring dengan kualitas film Indonesia yang terus meningkat dan tema yang diangkat dalam film-film Indonesia juga semakin beragam.

“Dampak positif dari perkembangan ini bisa dilihat dari bertambahnya kepercayaan masyarakat terhadap film karya anak bangsa. Semoga, Indonesia terus memiliki banyak sineas yang akan mengharumkan nama bangsa, serta meningkatnya jumlah masyarakat yang mencintai dan mendukung film karya Indonesia,” harap Nadiem.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menambahkan, pemerintah akan berupaya memfasilitasi sektor kebudayaan secara optimal untuk memperkuat, memajukan, dan mempertahankan ekosistem, salah satunya industri perfilman. Serangkaian cara inklusif serta berkesinambungan telah dilakukan demi menggapai tujuan tersebut, sehingga perfilman Indonesia dapat menjadi fondasi pembangunan karakter bangsa dan sumber inovasi yang tidak terbatas.

“Kebudayaan bukan hanya warisan masa lalu, tetapi juga menjadi kunci untuk memahami masa kini dan merancang masa depan. Perfilman nasional ikut andil dalam memperkuat tatanan budaya dan mengokohkan pemajuan kebudayaan Indonesia,” ujar Hilmar.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra menuturkan, pemerintah terus memfasilitasi para pegiat film nasional serta bersinergi dengan pihak industri sinema guna memproduksi karya perfilman yang bermutu. Serta melalui Kemendikbudristek terus berupaya memperkuat ekosistem perfilman nasional.

“Berbagai program hingga terobosan pada bidang perfilman terus dilakukan untuk merangkai perfilman Indonesia dari hulu hingga hilir. Semoga perfilman Indonesia dapat terus unjuk gigi di kancah nasional maupun internasional,” ujar Mahendra.

Kemendikbudristek bersama beberapa pihak terkait juga melaksanakan sejumlah rangkaian acara peringatan HFN ke-74 di berbagai kota. Acara tersebut berlangsung mulai 27 hingga. 31 Maret 2024 di Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Bukittinggi, serta beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Rangkaian kegiatan diawali dengan agenda Bioskop Berbisik pada Rabu (27/3/2024), dan ditutup dengan pemberian penghargaan kepada profesi perfilman Indonesia dalam acara “Legend Award” yang akan berlangsung di Sinematek Indonesia, Jakarta, Minggu
(31/3/3024). (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *