Relawan Rumah Jokowi Dibentuk, Target Raih 82 Persen Kemenangan di Pilpres 2019

Denpasar, Politik74 Views

Denpasar. Sejumlah elemen masyarakat yang terdiri dari akademisi, pengusaha, tokoh masyarakat, dan lembaga swadaya masyarakat, bergabung untuk meresmikan sekaligus mendeklarasikan diri dalam sebuah wadah relawan yang bernama, Rumah Jokowi. Deklarasi dilaksanakan di Jalan Jayagiri II Renon Denpasar, Jumat (23/11/2018).

Di Bali, kekuatan Jokowi sangatlah besar. PDI Perjuangan peraih kursi dominan 24 kursi di parlemen provinsi, begitu juga Partai Golkar 11 kursi, Hanura 1 kursi, PKPI 1 kursi, dan Partai Nsdem 2 kursi. Seluruhnya ada 39 kursi. Sedangkan “tetangga”nya Jokowi hanya memiliki Partai Demokrat 8 kursi, Gerindra 7 kursi dan PAN 1 kursi, seluruhnya ada 16 kursi. Jadi perbandingan kekuatannya 39 : 16.

“Dengan matematika politik seperti itu tidak sulit bagi Jokowi-Ma’ruf Amin untuk memenangkan Pilpres tahun 2019. Artinya tidak ada kami pun Jokowi sudah menang. Lalu untuk apa kami ada? Terlebih ada 700 relawan Jokowi. Kami tidak ingin latah karena kami akan terus bergerak membawa dua tujuan Rumah Jokowi”, jelas Ketua Dewan Pengelola Daerah (DPD) Rumah Jokowi Provinsi Bali, Wayan Dharma, SH., disela-sela deklarasi.

2 (dua) tujuan didirikannya Rumah Jokowi adalah jangka pendek yaitu memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada Pilpres tahun 2019, dan tujuan jangka panjangnya adalah menularkan tiga program kebaikan yaitu kebaikan sosial, kebaikan daya saing dan kebaikan industri.

“Kami akan terus bergerak. Sasaran kami adalah konstituen yang selama ini tidak dan sulit digarap partai politik. Dan ladang garapan ini sangatlah luas”, ucap Wayan Dharma.

Lebih lanjut dikatakannya, mengambil data pada Pilgub Bali tahun 2018, tingkat partisipasi pemilih masih rendah. Dari berkisar 3 juta DPT yang menggunakan hak pilihnya, hanya 2 juta pemilih. “Berarti ada satu juta jiwa yang akan kami garap dengan tuntas dan pas. Jadi Jokowi di Bali tak hanya sekedar menang melainkan menang dengan tingkat partisipasi yang maksimal”, sebutnya. “Ini akan menjadi pekerjaan extra kami selama empat bulan ke depan. Makin dekat dengan 17 April maka penetrasi kami akan semakin kuat, tentu dengan terus berkoordinasi dengan tim pemenangan nasional yang ada di Bali”, imbuhnya penuh semangat.

Rumah Jokowi merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas) yang didirikan di Jakarta tanggal 11 April 2014 lalu yang ditandai dengan penandatanganan piagam Rumah Jokowi di Jalan Perdatam Jakarta Selatan dengan Ketua Umum Dewan Pengelola Pusat, Yongki Jonacta Yani.

Di Bali, Rumah Jokowi diketuai Wayan Dharma, SH., sekretaris dipegang Dr. Subadra. Wayan Dharma mengatakan, kepengurusan Rumah Jabatan di Bali bersih dari partai politik. “Artinya mereka yang duduk di kepengurusan tidak ada yang masuk kepengurusan partai politik manapun”, tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *