Gerai Inflasi di Kawasan Pasar Anyar Singaraja Rampung Dikerjakan

Singaraja ( Penabali.com ) – Dinas Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UKM (Dagperinkop UKM) Buleleng kini sudah merampungkan pembangunan gerai inflasi yang dibangun di Kawasan Pasar Anyar, Buleleng. Pembangunan gerai yang menghabiskan anggaran Rp. 500 juta ini, kini masih dalam tahap pemenuhan sarana dan prasarana dalam Gedung dan direncanakan beroperasi pada awal Desember 2023 mendatang.

Kepala Dinas Dagperinkop UKM, Dewa Made Sudiarta, Jumat ( 24/11 ) mengatakan, pembangunan fisik gedung sudah selesai dilaksanakan pada 16 November 2023 lalu. Hanya saja saat ini, masih dalam pemenuhan sarana dan prasarana yang ada di dalam Gedung. “ Gedung sudah rampung dikerjakan oleh rekanan kita. Saat ini tinggal pemenuhan sarana dan prasarana, berupa meja, kursi, maupun kelengkapan lainnya,”terang Sudiarta.

Menurut Sudiarta, pemenuhan sarana dan prasarana pun ditarget rampung akhir Bulan November mentang. Kemudian dilanjutkan dengan Upacara Melaspas, penyerahan kunci dan akan diresmikan langsung oleh Penjabat Bupati Buleleng. “ Untuk saat masih dalam tahap pemenuhan sarpras. Kita target rampung 30 November mendatang, kemudian dipelaspas dan kita akan langsung serahkan kunci kepada PD Pasar, sebagai pengelolanya nanti,”tandasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Arga Nayottama I Putu Suardhana menjelaskan gerai inflasi nantinya akan menyediakan 9 kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat. Satu sisi menurutnya,sangat menguntungkan masyarakat, di sisi lainnya pula mampu mengintervensi harga yang ada di pasaran. Bagan  distributor komoditi yang dipasarkan berasal  dari petani itu sendiri.“ Tujuan kita satu sisi menguntungkan masyarakat, untuk berbuat agar harga – harga bisa terjaga. Jika daya beli di inflasi ini bagus, secara otomatis,akan berdampak pada perekonomian di pasar,”pungkasnya.

Gerai Pasar seluas 10 x 16 meter ini pula, rencana akan dilengkapi dengan videotron termasuk akan dibuatkan pula pojok UMKM di areal gerai pasar tersebut. Gerai Pasar Rakyat ini nanti akan menyediakan bahan-bahan pokok untuk pengendali harga. Bahkan produknya tidak hanya bisa dibeli oleh masyarakat langsung, tetapi juga distribusi ke pedagang juga. ( ika )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *